Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa 

Photo by Revin

Sekilas Tentang Wanayasa


Wanayasa adalah salah satu nama Kecamatan yang berada di Kabupaten Purwakarta selain Kecamatan Kiarapedes dan Kecamatan Bojong Sawit yang berada di wilayah tersebut. Kecamatan Wanayasa merupakan wilayah yang hampir keseluruhan wilayahnya memiliki daerah berdataran tinggi, dengan ketinggian berkisar 185-580 mdpl serta memiliki udara yang cukup lumayan sejuk dan juga berpotensi sebagai alam wisata yang menarik dengan panorama pemandangan alam yang begitu eksotis serta pedesaan yang berbukit - bukit menjadi daya tarik itu sendiri. Karena wilayah Kecamatan Wanayasa ini berada dekat dengan Lereng Gunung Burangrang.

Kecamatan Wanayasa mempunyai luas wilayah 5.476.836 ha, dengan jumlah penduduk 34.975 jiwa. Selain Kecamatan Kiarapedes dan Kecamatan Bojong Sawit, Kecamatan Wanayasa dapat dijadikan sebagai Kecamatan penghubung Tiga ( 3 ) Kabupaten di jalur alternatif , yaitu ;
  1. Kabupaten Bandung
  2. Kabupaten Subang
  3. Kabupaten Purwakarta
Kecamatan Wanayasa juga memiliki berbagai tempat alam wisatanya selain dari Kecamatan Kiarapedes dan Kecamatan Bojong Sawit, diantaranya ialah ;
  • Situ Wanayasa
  • Curug Cipurut, Wanayasa
  • Kolam Cibulakan, Wanayasa
  • Giri Tirta Kahuripan. Taringgul, Wanayasa
  • Sungai Cikondang " BodyRafting " Wanayasa
Kecamatan Wanayasa Juga dapat menjadi potensi wisata alternatif dari beberapa tempat wisata yang berada di Kabupaten Purwakarta, karena wilayah dan daerah Kecamatan Wanayasa ini masih memiliki keindahan alam yang masih terbilang natural. 

PROFIL DAN KONDISI SITU WANAYASA

Photo by Nald

Dari beberapa tempat wisata yang berada di Kecamatan Wanayasa, kali ini kita akan membahas tentang wisata Situ Wanayasa. Situ Wanayasa terletak di Kecamatan Wanayasa sekitar 23Km dari Pusat kota Purwakarta. Keunggulan dari wisata Situ Wanayasa ini bagi para wisatawan tidak dikenakan biaya kontribusi tiket masuk (GRATIS), anda tinggal menikmati pemandangan alam yang membentang dengan berlatar belakang pegunungan dan perbukitan serta ke elokan Panorama daerah wilayah nya yang asri juga eksotis terutama bagi para pecinta photografer mungkin wisata Situ Wanayasa ini dapat di jadikan spot capture yang cukup menarik dan indah. Suhu yang dimilki wisata Situ Wanayasa ini berkisar 24 - 28 derajat celsius pada siang hari, Cukup sejuk. Ketika di pagi dan sore hari biasanya terdapat kabut dan menyelimuti area wilayah Situ Wanayasa yang dapat membuat badan kita menggigil kedinginan.

Situ Wanayasa memiliki Luas area kurang lebih sekitar 7ha dan di tengah - tengah Situ terdapat sebuah  Pulau. Di dalam pulau tersebut ada sebuah makam tua, yang di kenal sebagai makam dari RA. Suriawinata. RA. Suriawinata adalah salah seorang pendiri Kabupaten Purwakarta dan juga pernah menjabat dan menduduki sebagai Bupati Kabupaten Karawang yang ke-9. RA. Suriawinata wafat pada tahun 1827 dan di kebumikan di pulau yang terletak di tengah Situ Wanayasa.

Situ Wanayasa berada tepat di pinggir jalur alternatif Purwakarta - Bandung dan Subang. Tidak heran lagi apabila di setiap hari weekend tiba jalur ini akan mengalami keramaian atau bahkan terjadi kemacetan di sepanjang jalur ini  karena Kecamatan Wanayasa ini bisa di bilang menjadi penghubung 3 Kabupaten di jalur alternatif. Selain dijadikan tempat berpariwisata Situ Wanayasa ini juga sering di jadikan tempat persinggahan atau barometer oleh wisatawan dalam berwisata. Sebagai pendukung daya tarik wisatawan sekitar wilayah Situ Wanayasa tersedia berbagai tempat Kuliner yang siap menyediakan makanan ciri khas sunda seperti ;
  • Sate Maranggi
  • Ketan Bakar
  • Ikan Bakar
  • Ayam Bakar
  • Nasi timbel + Ayan Goreng
  • dan makanan lainnya
Pihak pemerintah yang turut mendukung dan berkontribusi dalam pelestarian serta pembangunan di area sekitar wilayah Situ Wanayasa, supaya tertata rapi dan terlihat lebih asri juga menarik. di Dalam pelestarian dan pembangunan pihak pemerintah pun  menyediakan  area berkumpul yang di sebut PENDOPO KAHURIPAN, Tempat untuk berkumpul bersama, teman, kerabat, sahabat atau keluaraga sambil memanjakan mata menatap pemandangan alam yang sungguh begitu eksotis alam pegunungan. 

Pendopo Kahuripan pun juga dapat di jadikan tempat perkumpulan dalam setiap acara - acara besar dan tidak lebih agar dapat menginformasikan sebelumnya kepada pihak Pemda setempat,agar acara besar dapat terealisasikan dengan baik. Situ Wanayasa juga oleh warga sekitar sering dijadikan sebagai tempat memancing ikan di area Situ Wanayasa dan tidak di kenakan biaya kontribusi (GRATIS). Sangat cocok bagi para wisatawan yang hobi memancing, selain berwisata dengan keluarga anda pun bisa memancing di area Situ Wanayasa dan ikan yang berada di Situ Wanayasa ini bervariasi, diataranya ;
  • Ikan NIla
  • Ikan Gabus
  • Ikan Emas
  • Ikan Batutu
  • Ikan Oscar
  • Ikan Jaer
  • Ikan Benteur
  • Ikan Sepat
  • Ikan Tawes


AKSES JALAN 

Keluar Gerbang Tol Jatiluhur masuk Kota Purwakarta ke Pasar Simpang dan ikuti jalur alternatif dan petunjuk arah dengan jarak 23 Km menuju Wanayasa. 

Keluar Gerbang Tol Cikopo dan Gerbang Tol Sadang, masuk kota Purwakarta via Munjul ke Desa Citalang menuju Pasawahan ikuti jalur alternatif dan petunjuk arah dengan jarak 23 Km menuju Wanayasa.

SARAN

- Periksalah kendaraan anda sebelum di operasikan dan jagalah keselamatan diri anda serta patuhi Lalu Lintas yang ada.

Site Maps


Say Yes to New Adventure with Jejak Explorer ...

Post a Comment

0 Comments