Makam Syekh Nurjati Alam atau Makam Tugu

MAKAM KERAMAT SYEKH NURJATI ALAM




Assalamu'alaikum,Wr,Wb.

Sampurasun.....

Kali ini kita akan sedikit membahas tentang makam keramat Syekh Nurjati Alam. Berbicara tentang nama Syekh Nurjati Alam tidak lain dan tidak lepas ialah seorang Wali/ alim Ulama. Makam Syekh Nurjati Alam terletak di puncak bukit Tugu Rahayu. Menurut tutur kata cerita dari pengurus atau penjaga makam Syekh Nurjati Alam tersebut ada arti dan makna dibalik nama Tugu Rahayu itu sendiri, yaitu di mana Tugu ialah "Tanda atau Ciri",  Rahayu ialah "Kasih Sayang , Kedamaian & kesejahteraan(tandasnya).

Akan tetapi warga setempat lebih mengenal dengan nama Makam Tugu, karena makam Syekh Nurjati Alam ini terletak didalam  wilayah Kp.Tugusari. Secara Geografis puncak bukit tugu rahayu ini masih berlokasi di dalam wilayah area Gunung BurangrangKonon dahulunya di Pemakaman ini (Makam Syekh Nurjati Alam), dijadikan tempat berkumpul dan musyawarahnya para Wali, untuk menyebarkan agama Islam. 

Wilayah area sekitar makam Syekh Nurjati Alam ini masih memiliki alam yang asri, alami dan juga terjaga keasrian art aslinya hingga sekarang. Hamparan perkebunan Teh bersama pemandangan Gunung Burangrang yang menanbah suasana alam sekitar semakin membuat hati dan jiwa merasa damai. Ketika berbicara tentang Pegunungan tropis sudah pasti suhu udara yang dimiliki di sekitar wilayah makam Syekh Nurjati Alam ini bisa terbilang masih sejuk dan dingin, apabila saat pertengahan malam hari tiba, suhu udara di sekitar  pun akan mengalami perubahan kembali dan menurun, sehingga akan bertambah lebih dingin disertai kabut.

ALAMAT ( MAKAM SYEKH NURJATI ALAM )

Kp.Tugusari
Kec. Bojong Sawit
Kab.Purwakarta - Jawabarat


Site Maps









SARAN DAN KONDISI

Jika anda mempunyai rencana bersama jama'ah, kerabat, keluarga, teman, sahabat, ataupun bersama jama'ah lainnya, didalam berjiarah ke makam Syekh Nurjati Alam ini, agar dapat mempersiapkan peralatan maupun logistik sebelumnya dengan baik, terutama kondisi kesehatan badan. Kontur dan akses jalan menuju makam Syekh Nurjati Alam ini masih terbilang sulit untuk di lalui kedaraan roda 4 (mobil), disarankan agar menggunakan atau melanjutkan dengan kendaraan roda 2 (motor), menuju lokasi makam. Bilamana anda berniat untuk bermalam di area makam Syekh Nurjati Alam dan sekitar nya agar dapat membawa pakaian penghangat tubuh lebih. 

"JAGALAH KEBERSIHAN DAN KEASRIAN ALAM DENGAN ADAB"

Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum,WR,Wb.



Post a Comment

3 Comments

  1. Itu skrng bisa d akses kndaraan roda 4...
    Hanya saja jlan nya msih bebatuan...

    ReplyDelete
  2. Salam Lestari

    Betul sekali, pak. Akan tetapi dengan keadaan kontur jalan saat ini, belum cukup memadai untuk di lalui dengan berbagai jenis kendaraan roda 4 pada umumnya. Cara allternatif lainnya saat ini, agar menitipkan kendaraannya pada warga setempat, dengan jarak terdekat pada lokasi tujuan, dan lanjutkan memakai kendaran roda 2 atau berjalan kaki.

    Thanks for Your Comment

    ReplyDelete
  3. Dari saya Deket kampung Citamiang tapi saya belum pernah kesana

    ReplyDelete