Gunung Cupu Plered

Pendakian malam ke Gunung Cupu ...


Photo by Dicky



Plered tak hanya dikenal sebagai pusat kerajinan tanah liat (Keramik, Guci, Genteng, dsb), tapi disana juga terdapat beberapa objek wisata dan gunung gunung yang dijadikan area para pendaki, termasuk Gunung Cupu seperti yang terlihat pada photo di atas. Pada postingan kali ini Jejak Explorer akan membahas tentang perjalanan pendakian menuju Gunung tersebut.


Sejarah Gunung Cupu :


Gunung Cupu adalah gunung yang terletak di Desa Anjun, Kp. Gunung Cupu, Rt. 01/01 Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Gunung ini termasuk dalam kategori gunung batu yang kontur tanahnya penuh dengan bebatuan, terjal dan sangat beresiko untuk dinaiki tanpa orang2 profesional. Menurut mitos daerah setempat, konon katanya di puncak Gunung Cupu terdapat bekas tapal kuda, karena pada zaman kerajaan dulu ada seekor kuda terbang (Vegasus) yang singgah di puncak Gunung Cupu lalu melesat terbang kembali kemudian anting-anting (hiasan) yang dipakai kuda tersebut berjatuhan ke daerah setempat yang hingga kini disebut Desa Cianting.


Perjalanan Pendakian :


Cuaca malam itu sedikit hujan gerimis, tepat di kaki Gunung Cupu sekitar pukul 19:00 wib Tim Jejak Explorer melakukan pendakian menuju puncak Gunung Cupu. Seperti biasa sebelum melakukan pendakian, kami pun berdoa terlebih dahulu agar selamat dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, juga tak lupa mengecek kembali properti yang kami bawa. Pendakian malam hari sengaja kami lakukan karena kalau siang hari mungkin nyali kami akan sedikit menciut ketika melihat secara jelas trek pendakian yang sangat extreem. Kurang lebih selama 1 jam akhirnya Tim Jejak Explorer berhasil mencapai puncak Gunung Cupu, sujud syukur pun kami panjatkan kepada Sang Pencipta Alam. Di atas puncak Gunung Cupu bisa terlihat jelas pemandangan indah kota purwakarta dan sekitarnya, lalu kami pun beristirahat melepas lelah hingga pagi hari tiba.

Berikut ini photo perjalanan pendakian malam ke Gunung Cupu :


Photo by Dicky



Adapun photo yang memperlihatkan pemandangan kota Purwakarta di pagi hari, namun yang terlihat di atas puncak Gunung Cupu adalah pemandangan Desa Plered yang terkenal dengan Sate Marangginya :


Photo by Dicky

BERBAGI PENGALAMAN PENDAKIAN :

Untuk kalian yang takut ketinggian tapi ingin sekali melakukan pendakian ke Gunung Cupu, kami sarankan melakukan pendakian pada malam hari. Kenapa harus malam hari? karena kalau malam hari kita bisa benar2 fokus sampai tujuan tanpa melihat jelas trek pendakian yang terjal seperti yang terlihat pada waktu siang hari. Tips nya yang pertama adalah siapkan nyali dan jangan lupa membawa properti yang dibutuhkan seperti : backpack, pisau, lampu senter, tenda, sleeping bag, logistik, dll. Untuk pendakian ke Gunung Cupu yang paling penting dibawa adalah Air Mineral sebanyak-banyaknya karena disana tidak tersedia aliran air seperti di gunung-gunung lainnya.





Akhir kata kami ucapkan terimakasih sudah mau berkunjung di Blog Jejak Explorer, jangan lupa subcribe ya ...

Site Maps


Say Yes To New Adventure With Jejak Explorer ...

Post a Comment

5 Comments

  1. Ikut nyimak sob, pemandangan yang indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sob, kalo lagi di purwakarta jangan lupa mmpir tempat wisata nya

      Delete
  2. Replies
    1. siap 86 bradd, next time kita explorer bareng , thanks for comment please follow and keep anjoy

      Delete
    2. Ajakin muncak athh sobb gue gue pemula ni ingin sekali mendaki dan menaklukan semeru 🙏🙏🙏
      #salamDariSubang

      Delete