Pendaki Pemula Wajib Baca




Jangan mendaki kalau belum siap!

Bagi pendaki pemula wajib baca artikel ini. Kenapa ? setiap gunung dan medan pendakian memiliki cerita atau  tantang yang berbeda – beda . Mendaki gunung memang hal yang menyenangkan, kalau kita benar – benar menyiapkan segalanya secara matang dan akan menjadi buruk apabila kita tidak  mengerti apapun atau kita baru mencoba dan modal nekat saja.
Pendaki gunung itu manusia yang tidak punya kerjaan. Meraka berjalan begitu lama hanya untuk menikmati puncak gunung. Tapi bukan itu intinya, mendaki adalah sebuah proses dimana kita mengenal alam atau berjuang dari bawah hingga mencapai puncak  dan tidak pernah lupa bahwa kita berasal dari bawah atau titik awal.
Menurut Jejak Explorer pendaki pemula wajib  mengetahui dan mempersiapkan beberapa hal yang bisa menjadi acuan untuk melakukan pendakian.

Fisik dan mental

Kesehatan fisik adalah hal yang paling mendasar karena hanya kita sendiri yang mengetahui kekuatan dan kesehatan fisik kita. Walaupun banyak diluar sana yang memiliki kekurangan fisik bahkan kita tidak percaya mereka mampu menaklukan bebrapa gunung. Begitupun halnya mental kita ibarat kata kita sehat fisik tapi metal kita tidak sekuat fisik kita , apalagi sampai sakit mental bahaya geng.

Informasi Tempat pendakian

Informasi menjadi hal hal yang sangat penting. Informasi sekecil apapun tentang tujuan atau gunung yang hendak kita daki adalah hal penting untuk memperlancar perjalanan kita. Hal ini bisa kita peroleh dari internet atau lebih baik kita bisa mengajak teman kita yang sudah pernah mendaki dan berpengalaman sebelumnya. Atau sekarang banyak group di media social tentang mendaki gunung dan kita bisa bisa bertanya bahkan mencari barengan.

Peralatan untuk yang mau mulai mendaki

Peralatan ini bukan hanya peralatan tidur saja. Ingat kita akan melakukan perjalanan panjang lebih seperti biasanya, adapun peralatan yang wajb di milii 


Pakaian, sepatu, kompas (gps), peta lokasi

Pakaian adalah hal yang penting dalam perjalanan pendakian. Karena kita bukan tarzan yang bisa bebas bertelanjang dada di tengan alam bebas, pakain dari bawah sampai atas pun jadi perhatian dari mulau celana panjang, sepatu tracking, sarung tangan, topi. Dan buat senyaman kalian agar bisa nyaman dalam perjalanan, kompas dan peta bukan berjaga ketika kita tersesat, tapi agar perjalanan kita bisa berjalanan dengan lancer dan baik – baik saja.

Tas ( carrier atau daypack)

itu bisa di sesuaikan sesuai kebutuhan kita menurut perhitngan kita baiknya beban barang bawan tidak lebih dari berat badan kita atau 70% dari berat badan kita.

Jaket, Sleeping bag, jas hujan. Dan Pakaian ganti

ini juga tidak bisa di remehkan dalam melakukan pendakian agar kalian bisa tidur dan beristirahat dengan nyaman nantinya . dan jas hujan berguna apabila di perjalanan kita turun hujan.

P3k dan pisau saku

membawa obat – obatan adalah hal yang sangat wajib ada dalam melakukan pendakian bukan untuk di gunakan tapi hanya untuk berjaga, berjaga lebih baik ketimbang terjadi yang tidak kita inginkan. Membawa benda tajam dan gunakan sebagai mestinya,  karena kita jauh dari pemukiman warga dan kita bisa jadi di tengah hutan kita tidak pernah tau apa yang ada di depan kita sebaiknya kita membawa untuk berjaga2.

Tenda, flysheet , Tali atau webbing

Untuk tenda bagi pendaki pemula dirasanya belum wajib, karena sudah banyak yang membuka jasa penyewaan tenda, yang penting kita wajib membawanya apabila kita akan bermalam di gunung. Kita bukan serial Film Rambo yang bisa membuat tenda beevack dari dedauanan dan merasa nyaman. Selain membuat nyaman dari angina kencang. Dan untuk flysheet adalah hal yang gak terlalu wajib kalo kita sudah bawa jas hujan karena kita bisa menggunak ini dalam perjalanan apabisa kita ditengan perjalanan turun hujan dan kita ingin berteduh. Talia tau webbing ini bisa dibawa untuk berjaga membuat tandu atau disaat kita menemui jalur pendakian yang terjal sekalipun atau tanjakan yang ekstrim dan licin.

Izin orang tua dan berdoa

Kemanapun kita pergi kita tidak boleh terlepas dari izin orangtua yang mendoakan perjalaln kita. Dan kita jangan lupa berdoa bersama team ketika mulai melakukan perjalanan.

Uang dan logistik

Ini bagian yang kalian harus perhitungkan, mendaki itu seru tapi butuh modal yang tidak murah.  Jika modal perlengkapan dan izin dari orang tua sudah kita miliki, kalian bisa nabung uang kalian dan mulai melakukan pendakian. Karena ke gunung juga ada bayar izin masuk dan juga kita perlu membeli perbekalan sebelum mulai mendaki.

Jadikan pendakian kalian bermanfaat dan tidak sia – sia, jangan meninggalkan sampah di perjalanan bahkan dipuncak sekalipun, rawat dan jaga kelestarian gunung kalian. Agar anak cucu kalian tetap bisa nikmati keindahaannya. 
Kalo ada yang masih terlewatkan silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah ya geng.

Jangan remehkan seberapa tinggi gunung yang kalian daki

Salam lestari dan cinta tanah air …


Post a Comment

0 Comments