Ujung Aspal,; Bukit Pinus Panyawangan Wanayasa

Ujung Aspal " Bukit Pinus Panyawangan " Wanayasa

 Photo by Revin

Profil Ujung Aspal,  Bukit Pinus Panyawangan 

Sekilas tentang Ujung Aspal Bukit Pinus Panyawangan , dalam bahasa Sunda arti dari Panyawangan ialah (Menerawang atau lebih luasnya lagi mencari arti jati diri kita dalam solusi kehidupan). Ujung Aspal " Bukit Pinus Panyawangan, diresmikan pada tanggal 23 Maret 2016 oleh H. Dedi Mulyadi S.H selaku Bupati Purwakarta. Warga sekitar lebih mengenal tempat wisata ini dengan sebutan Ujung Aspal karena posisi tempat wisata ini berada di ujung aspal Kp. Pasir Muncang. Ujung Aspal " Bukit Pinus Panyawangan " merupakan tempat Pariwisata yang keseluruhannya terdiri dari  Hutan Pinus, serta di lengkapi dengan 2 sumber mata Air Terjun dan Goa peninggalan pada masa pejajahan jepang dulu.

Lokasi wisata Ujung Aspal " Bukit Pinus Panyawangan ini " terletak di ;
  • Kp. Pasir Muncang
  • Ds. Pusaka Mulya 
  • Kec. Kiara Pedes - Wanayasa
  • Kab. Purwakarta
  • Jawa Barat - 41175
Address Maps

Kondisi  Ujung Aspal, Bukit Pinus Panyawangan.

Ujung Aspal " Bukit Pinus Panyawangan " ialah wisata yang memiliki Potensi lebih baik bagi para wisatawan untuk mengenal lebih luas lagi arti tentang diri dan alam kita di dalam kehidupan,karena suasana sekitar tempat wisata ini di penuhi pohon pinus dan Panorama yang berdestinasikan alam yang sungguh eksotis, sangat cocok untuk di kunjungi baik bersama teman, sahabat, kerabat, atau keluarga. Dengan riuh angin menerpa ranting - ranting pinus menambah suasana menjadi lebih fesh.
Ujung Aspal " Bukit Pinus Panyawangan "  memiliki suhu udara yang sejuk sekitar 24 - 28 Derajat celsius, karena tempat ini berada tepat di lereng kaki Pegunugan Gunung Burangrang. Ujung Aspal " Bukit Pinus Panyawangan " ini memiliki 3 area wisata yang bisa anda kunjungi dan mendestinasikannya sekaligus dalam satu tempat wisata ini bersama teman, rekan, kerabat, sahabat, atau keluarga diantaranya ;


1. CURUG PAMOYANAN INDAH



Photo by Nald

2. CURUG CIMANAHRASA


Photo by Revin

3. GOA PANYILEUKAN ( GOA JEPANG )


Photo by Nald

Jika anda yang suka berkemah atau sering mengadakan acara camping bersama disini juga menyediakan area untuk berkemah yang disebut " CAMPING GROUND ". Tak hanya itu saja, Fasilitas umum juga tersedia disini seperti Mushola dan Toilet yang cukup tertata rapi dan bersih. Untuk anda yang suka tracking menggunakan sepeda, disini juga tersedia Area Bike Park " PUSAKA MULYA BIKE PARK ". Area Bike Park ini memiliki jarak kurang lebih 2000 meter dari puncak, dan anda bisa langsung menjelajahi track sepeda di tempat ini bersama komunitas mu sambil menikmati pemandangan kesejukan alam pastinya.


AKSES JALAN :

Untuk anda yang berada di luar Purwakarta, anda bisa ambil gerbang tol Jatiluhur dan menuju Wanayasa sekitar 32 Km anda akan menemui Situ Wanayasa sebelah kiri jalan. Dari Situ Wanayasa kurang lebih 200 meter anda akan menemui Pertigaan Jalan Cagak - Bojong Sawit. Lalu anda tinggal ambil belok kiri ke jalur Jalan Cagak menuju Desa Pusaka Mulya sekitar 1,5 Km, setelah sampai Desa Pusaka Mulya teruskan perjalanan anda menuju Kp. Pasirmuncang.


SARAN :

Persiapkan dan cek kendaraan anda serta pastikan dalam kondisi layak untuk di Operasikan, karena kontur jalan menuju wisata Ujung Aspal " Bukit Pinus Panyawangan " memiliki medan jalan yang menanjak, menurun, dan menikung. Dan ada beberapa kontur Jalan yang rusak serta bebatuan tetapi tidak terlalu parah.

- Jagalah diri anda dan keluarga anda dimanapun berada.
- Jagalah kebersihan dan lestarikanlah alam kita. 



Post a Comment

0 Comments