Curug Walanda Purwakarta

Curug Walanda Purwakarta


Profil Curug Walanda Purwakarta

Curug Walanda adalah Curug yang aliran airnya terdapat dari bukit - bukit di sekitar Gunung Karung. Dibalik nama wisata Curug Walanda ada cerita sejarah pada masa penjajahan Belanda. Bagi anda yang belum tahu tempatnya, berikut ini alamat lengkap dari lokasi Curug Walanda tersebut : 

  • Kampung Karadak 
  • Desa Sukamukti.
  • Kecamatan Maniis.
  • Kabupaten Purwakarta
  • Provinsi Jawa Barat - Indonesia
  • Kode Pos 41166
Address Maps 
Site Maps

Kondisi Curug Walanda

Curug Walanda adalah sebutan nama dalam Bahasa Sunda yang unik dari asal katanya ialah Curug artinya "Air Terjun" dan Walanda artinya Belanda,tidak asing lagi terdengarnya dengan kata Belanda di negri kita ini,dan pastinya ada sejarah dibalik nama wisata Curug Walanda ini.
Curug Walanda adalah sebuah potensi wisata alam yang terbilang cukup baru dan masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan, kemungkinan dari pihak pengelola warga di sekitar belum mendistribusikannya pada pihak Pemerintah Kabupaten Purwakarta atau sebaliknya.

Curug Walanda merupakan aliran air dari Gunung Karung yang mengalir ke Bukit menuju sawah - sawah yang ada di kampung tersebut. Akan tetapi kejernihan air yang dimiliki Curug Walanda tidak mengurangi eksostis wisata ini. Curug Walanda memiliki ketinggian Curug sekitar 8 meter. Kolam yang dimilikinya pun cukup luas untuk berendam dan menambah keasyikan dalam bermain air di Curug walanda, Suhu yang dimiliki wisata Curug Walanda ini memang terbilang cukup lumayan panas yang berkisar 30-35 derajat celsius pada siang hari. Sebaiknya jika hendak berkunjung ke lokasi tersebut berangkatlah pada pagi hari.

Sejarah Curug Walanda 


Menurut cerita warga disekitar atau sesepuh yang bertempat tinggal di sekitar menerangkan bahwa pertama kali yang menemukan Curug Walanda ini adalah Penjajah Belanda. Konon cerita Pada zaman dahulu kala ketika masa penjajahan Belanda, Curug Walanda ini dijadikan tempat persembunyian masyarakat sekitar dari kejaran para penjajah Belanda untuk dijadikan pekerja tanpa imbalan (Kerja Rodi) dalam mengelola rempah-rempah. Dengan seiringnya waktu lambat laun tempat persembunyian inipun di ketahuinya oleh penjajah Belanda, maka dari cerita itu dijadikanlah nama curug ini oleh warga sekitar menjadi Curug Walanda.

Akses Jalan


Keluar gerbang tol Jatiluhur Purwakarta langsung menuju Plered, setelah anda sampai Plered lanjutkan menuju Danau Cirata menuju Kecamatan Maniis. Kurang lebih dari 300 meter setelah SMPN 2 Maniis, anda ambil jalan belok kanan menuju Curug Walanda dan selengkapnya anda bisa lihat alamat nya di atas. 

Saran 


Periksa unit kendaraan anda sebelum berangkat dan pastikan semua berfungsi dengan baik dan benar, jangan lupa cek bahan bakar agar terisi penuh. Berangkatlah pada pagi hari dan pastikan ban roda kendaraan anda tidak berada dalam kondisi 30%, pakailah masker dan sarung tangan karena saat ini jalan masih dalam perbaikan dan berdebu.

Selamat berlibur dan berdestinasi di Curug Walanda.

- Jagalah keselamatan anda dan keluarga anda dimanapun berada.
- Jagalah lingkungan alam sekitar dan lestarikanlah alam kita. 



Post a Comment

2 Comments