Gunung Haur Menambah Deretan Gunung Yang Bikin Gemes Di Purwakarta

Gunung Haur dari depan


Mau Eksis Foto Di Puncak Gunung? Ke Gunung Haur aja...


Selain Gunung Parang, Bongkok, Lembu dan Cupu, Gunung Haur menambah deretan gunung yang bikin gemes di Purwakarta. Mempunyai view spot yang indah dengan ketinggian yang tidak seberapa sekitar 517 mdpl, gunung ini biasa dijadikan ajang fotography dan untuk menambah eksistensi di media sosial. Tapi siapa bilang 517 mdpl tidak bisa membuat lutut bergetar? cobain aja nanjak di gunung Haur, jalur yang menanjak terus dan tanah yang licin serta banyak duri belukar yang menyuguhkan tantangan tersendiri untuk mencapai puncaknya.


Lokasi Gunung Haur

Berada di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Gunung Haur baru di resmikan dan dibuka jalur pendakiannya sekitar satu tahun yang lalu. Purwakarta seakan tidak pernah habis dengan wisata dan destinasi alamnya, kini Gunung Haur menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menambah agenda baru yang dapat kalian rencanakan dengan sahabat atau pasangan kalian untuk menghabiskan akhir pekan menuju puncaknya. Pendakian yang hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam saja dan tempat parkir yang sudah di sediakan oleh RT setempat, bagi kalian yang  hanya ingin tek-tok atau satu hari perjalanan pulang pergi tidak masalah, Gunung Haur juga memiliki area yang cukup luas untuk dijadikan area camp.

Jalur Pendakian Gunung Haur

Jangan khawatir tersesat karena jalur pendakian Gunung Haur cukup jelas, dan banyak tanda tali kuning di akar dan ranting pepohonan. Walaupun kalian akan merasa bingung ketika mulai memasuki jalur awal karena terlihat rimbun oleh pohon dan bebatuan yang besar, kalian tidak akan mengira ternyata jalur awal kalian akan melewati bagian bebatuan yang terlihat gahar, dan juga jalurnya ternyata nanjak terus geng. Dari mulai merangkak sampai jalur yang lutut kalian nempel ke dagu, jalur itu disebut Tanjakan Turdo atau kalau kata orang sunda artinya Tu'ur jeung Gado (Lutut dan Dagu). Tidak ada bonus yang bisa manjain lutut yang udah gemetaran karena jalurnya licin dan banyak duri merambat yang bikin kita harus hati – hati berpegangan saat nanjak ya geng. Uniknya Gunung Haur ternyata memiliki dua puncak yaitu Puncak Kirarangge dan puncak utama yaitu Puncak Batu yang paling banyak dijadikan spot fotografi bagi para pendaki. Di sekitar Puncak Batu juga terdapat area camp yang lumayan luas, kalau kalian suka ayunan. di area ini juga terdapat ayunan sebagai pelepas lelah.

Puncak Kirarangge - Gunung Haur


Puncak Gunung Haur

Walau ketinggiannya terbilang dibawah 1000 mdpl, Gunung Haur memiliki keindahan yang cukup membuat mata kalian melongo, karena ketika sampai di puncaknya kalian hanya berpijak pada batu yang kurang lebih berdiameter 10 meter saja dan itu bisa membuat kalian gemetar kalau kalian phobia ketinggian. Dari puncak Gunung Haur kita bisa melihat panorama danau atau bendungan Jatiluhur yang membentang luas serta jalur Parang Gombong dengan deretan bebatuan yang rapih di sekitar pinggiran danau. Tapi jika kalian ingin berburu senja di puncaknya, Gunung Haur merupakan spot yang tepat karena ketika kalian berdiri di atas puncak batunya maka akan terlihat hamparan langit yang begitu luas juga cahaya matahari pun seakan terasa begitu dekat dan hangat ketika sore menjelang.


Saran Pendakian

Untuk kalian yang ingin mendaki Gunung Haur, jangan remehkan gunung ini meskipun ketinggiannya tidak seberapa. Yang paling utama siapkan fisik kalian, membawa air mineral yang banyak karena di gunung ini tidak terdapat sumber air seperti gunung lainnya, lalu pakailah sarung tangan karena banyak akar duri. Suhu udara di area gunung ini juga tidak terlalu dingin kecuali ketika di musim hujan. Selalu utamakan keselamatan dalam melakukan pendakian dan jaga keindahan alam.

Site Maps

Salam Lestari...!!

Post a Comment

0 Comments