4 Jalur Pendakian Menuju Gunung Prau Dieng

Gunung Prau, in frame : @odik_taka

Indonesia memiliki gunung-gunung yang tinggi dengan panorama yang indah dan berbagai trek pendakian yang beragam, pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu gunung yang patut dicoba trek pendakiannya bagi kalian yang gemar jelajah alam.

Lokasi Gunung Prau


Gunung Prau terletak di tiga kabupaten yakni Wonosobo. Banjarnegara dan Kendal. Gunung ini selalu menjadi incaran pendaki saat mengunjungi Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Selain menjadi salah satu tempat terbaik yang menyuguhkan Golden Sunrise d Indonesia, Gunung Prau juga terbilang ramah bagi pendaki pemula di Dieng gunung Prau juga terbilang ramah untuk pendaki pemula.

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl relatif tidak terlalu tinggi untuk didaki, medan yang di tempuh pun tidak seberat apabila mendaki Gunung Merbabu atau Gunung Merapi. Suhu di puncak Gunung Prau bisa mencapai 5 derajat celcius kalau malam hari. Jadi bagi kalian yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Prau untuk memakai Jaket yang tebal agar tidak terkena hipotermia.

Area camp di puncak Gunung Prau sangat luas sekali dengan hamparan tanaman Bunga Daisy dan panorama pemandangan bukit-bukit serta kesejukan udara yang akan memberikan rasa nyaman dan tentram ketika berada di puncak Gunung Prau nya.

Puncak Gunung Prau 2.565 Mdpl, in frame : @odik_taka

4 Jalur Pendakian Gunung Prau di Dieng


Selain Pemandangan dan puncak Gunung Prau yang indah, dari segi akses dan medan pendakian juga mudah, itu membuat gunung Prau ramai dikunjungi, dan rata-rata pendakian hanya membutuhkan waktu 3-4 jam dari Basecamp. Berikut 4 jalur pendakian Gunung Prau via Dieng yang sering digunakan para pendaki :

1. Jalur Pendakian via Patak Banteng

Basecamp Patak Banteng terletak di Desa Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Inilah basecamp pertama yang dapat ditemui di awal sebelum masuk Dieng, jalur pendakian via rute ini merupakan rute favorit para pendaki Gunung Prau karena dengan menggunakan jalur pendakian Patak Banteng akses menuju puncak Gunung Prau terasa begitu cepat.

2. Jalur Pendakian via Kali Lembu

Kali Lembu adalah basecamp kedua setelah Tapak Banteng, berlokasi di Desa Kali Lembu, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Rute ini bisa dijadikan rute kedua bagi kalian yang ingin mendaki ke Gunung Prau dengan waktu jarak tempuh yang sedikit berbeda dari via Tapak Banteng.

3. Jalur Pendakian via Dieng Wetan

Untuk pendaki Gunung Prau yang ingin melihat panorama obyek wisata Dieng, rute via Dieng Wetan adalah jalur yang tepat dan bisa dijadikan jalur favorit. Beralamat di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

4. Jalur Pendakian via Dwarawati

Jalur keempat berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Basecamp ini dinamakan Dwarawati karena sangat berdekatan dengan obyek wisata Candi Dwarawati, jadi para pendaki Gunung Prau yang menggunakan jalur ini akan merasakan sensasi petualangan yang berbeda dari ketiga jalur di atas.

Semoga artikel ini bisa dijadikan info yang bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan pendakian menuju Gunung Prau Dieng, selalu jaga stamina sebagai pendaki dan tidak merusak keindahan alam. Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, jangan mengambil apapun kecuali gambar.

Salam Lestari Nusantara .......

Post a Comment

1 Comments